Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan

Kategori: tips mendidik paling menyenangkan » tips mendidk anak » Uncategorized | 40 Kali Dilihat
Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan Reviewed by smarthafiz_admin on . This Is Article About Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan

Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan adalah satu keinginan setiap ayah bunda terhadap anaknya berbagai cara mereka coba agar buah hatinya menyukai dan kerasan dalam belajar, belajar adalah sumber pengetahuan, setiap individu senang ataupun tidak mau setiap manusia harus terus Belajar untuk kebutuhan mereka… Selengkapnya »

Rating:
Harga:CALL : +62 896-9188-4827
Respon Cepat :
SKU :
Kg
07-04-2018
Detail Produk "Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan"

Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan

Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan

Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan adalah satu keinginan setiap ayah bunda terhadap anaknya berbagai cara mereka coba agar buah hatinya menyukai dan kerasan dalam belajar, belajar adalah sumber pengetahuan, setiap individu senang ataupun tidak mau setiap manusia harus terus Belajar untuk kebutuhan mereka dalam kehidupan. Dan rata-rata orang menganggap belajar merupakan sebuah beban yang tidak menyenangkan sehingga menjadi hal yang membenci oleh sebagian orang, itu disebabkan karena mereka tidak tidak mengerti cara belajar yang ampuh dan asyik. Sebagian dari kita malah lebih mementingkan untuk nonton tv, jalan – jalan bareng teman atau keluarga, sibuk dengan hal – hal lain sehingga menggangu waktu belajar kita. Untuk itu saya berusaha membagi sebuah cara kepada ayah bunda ataupun siswa agar bisa menjadikan belajar sebuah hal yang menggembirakan dan tepat.

Anak yang cendikia dan mempunyai sopan santun adalah dambaan ayah bunda, maka ayah bunda harus mengkondisikan suasana belajar buah hatinya selalu aman dan menyenangkan berikut cara agar Tips Mengedukasi yang Ampuh dan Menggembirakan :

 

  1. Buatlah jadwal Harian (pilihlah waktu yang tepat antara bermain dan belajar)

Ayah bunda, cobalah ikut terlibat dalam membuat jadwal keseharian putra putrinya dengan tepat dan baik. Kapan buah hati harus bermain, kapan buah hati harus belajar, kapan mereka bermain bersama teman-teman mereka, kapan buah hati ayah bunda harus nonton TV dan kapan mereka harus istirahat.

Belajar yang efektif itu memerlukan konsentrasi yang baik agar materi pelajaran dapat diserap dengan baik oleh otak, Kendala yang biasa terjadi adalah mengantuk ini adalah permasalahan yang biasa terjadi pada anak yang kurang cukup istirahatnya, kantuk membuat buah hati menjadi tidak bisa konsentrasi sehingga materi belajar kurang terserap maksimal, dan dalam mengatur jadwal harian ayah bunda diharapkan  memikirkan secara baik waktu istirahat buah hati agar buah hati ayah bunda selalu dalam keadaan fit dan bisa berkonsentrasi dengan baik sehingga materi bisa diserap dengan baik, dan buah hati ayah bunda juga tidak gampang sakit karena kelelahan.

Saya sendiri biasanya menempatkan waktu belajar anak di sore hari setelah bermain dan tidur siang dan malam hari dipakai untuk mengaji dan nonton TV dan untuk waktu tertentu kami akan tambah waktu belajarnya di pagi hari sebelum berangkat sekolah karena waktu pagi otak masih fresh sehingga lebih banyak materi yang bisa masuk.

Distributor smarthafiz

  1. Buatlah Suasana Yang Disukai Anak

Ayah bunda usahakan tempat yang di gunakan belajar adalah tempat yg disukai buah hati bunda agar suasana hati anak menjadi tenang dan nyaman, coba belajar di beberapa tempat yang dirasa menyenangkan agar buah hati tidak bosan, seperti kamar, teras atau mungkin kalo taman dirasa nyaman bisa pindah ke taman atau sebuah tempat yang ditata khusus agar lebih menyenangkan dan tenang. Pada dasarnya ayah bunda menciptakan sebuah tempat khusus buat belajar agar lebih menyenangkan dan nyaman, masalah lokasi bisa dimana saja walaupun seruangan dengan kamar kita juga boleh, karena kadang suasana nyaman bisa meningkatkan ketenangan hati yang berakibat meningkatnya daya konsentrasi anak dan meningkatkan daya serap otak terhadap materi belajar.

  1. Biasakan Memahami Materi Bukan Menghafal

Menghafal sebuah materi memang lebih mudah dan ampuh untuk mengejar nilai yang bagus tetapi itu semua tidak akan menambah pengetahuan Buah hati ayah bunda, banyak kasus hafalan akan mudah terhapus dalam waktu yang panjang. Biasakan untuk memahami sebuah materi dan belajar memahami permasalahan sebuah materi, konsep dan detail sebuah materi berawal dari pemahaman materi.

  1. Merangkum Materi Pelajaran

Cara yang efektif dalam belajar salah satunya adalah dengan merangkum, keuntungan dalam merangkum adalah belajar menulis kembali sambil memahami materi dan secara tidak langsung kita membaca kembali materi tersebut secara bersamaan kita memahami materi yang sedang dipelajari, sedang untuk memantapkan kembali baca kembali rangkuman tersebut. Tentunya dalam merangkum sambil di bantu oleh ayah dan bunda.

  1. Belajar Memetakan Pikiran Atau Biasa Disebut Mind Mapping

Tony Buzan pencetus Mind mapping seorang pakar pendidikan dari inggris, memiliki metode yang terbukti ampuh dalam mengingat materi pelajaran. Ayah bunda bisa mencoba metode mind mapping ini pada buah hati ayah bunda saat belajar tiap harinya, caranya buatlah Metode Mind Mapping ini pada selembar kertas untuk setiap bab yang akan di pelajari sehingga pembelajaran buah hati ayah bunda lebih efektif lagi.

  1. Belajar secara rutin dan bertahap dengan interfal waktu yang tidak terlalu lama, di selingi dengan istirahat dan permainan

Tehnik belajar yang tidak efektif adalah belajar yang dilakukan karena terpaksa dengan interval waktu yang terlalu lama ini biasanya dilakukan bila menghadapi ujian atau persiapan tes, metode ini kurang efektif dan tidak berkembangnya pengetahuan anak, sehingga buah hati kita merasa bahwa belajar itu sangat melelahkan dan membosankan. Solusinya adalah belajar yang rutin tiap hari dengan interval waktu yang pendek +\- 30 menit setiap pagi, sore atau malam, kalaupun harus panjang dijeda dengan istirahat bermain sejenak 10 menit dan setelah itu dilanjut lagi. Sekedar informasi untuk interval belajar terpanjang usahakan tidak lebih dari 1 jam 10 menit, dengan interval 30 menit dan istirahat 10 menit, belajar yang terlalu lama membuat anak bosan dan lelah serta konsentrasi berkurang.

  1. Belajar sambil bercerita dan menggunakan media belajar yang interaktif

Jika dirasa buah hati kurang paham materi yang di ajarkan gunakan media belajar yang bisa membantu berkembangnya pengetahuan buah hati ayah bunda. Alat bantu ini bisa buku cerita, gadget atau permainan yang bisa merangsang dan meengarah ke materi yang ingin di ajarkan. Dengan metode ini banyak ayah bunda yang terbantu dalam mengajarkan materi ke buah hatinya tanpa kesulitan bahkan lebih menyenangkan, namun keterlibatan ayah bunda sangat di perlukan apa lagi bila menggunakan media gadget, ayah bunda yang harus lebih dominan dalam berinterkasi dengan anak agar anak tidak lebih focus ke gadgetnya yang akibatnya focus anak berubah.

  1. Lebih sering membaca

Buku adalah jendela dunia, itulah pepatah lama yang sering kita dengar tapi buku apa yang di baca atau dibacakan ayah bunda juga berpengaruh dengan pengetahuan buah hati kita, keterlibatan ayah bunda dalam memberi materi bacaan pada anak sangat mempengaruhi tumbuh kembang buah hati kita nantinya, semakin berkualitas bacaannya semakin luas pengetahuan buah hati kita.

Distributor smarthafiz

peran ayah bunda dalam menyediakan buku yang bagus dan enak di baca adalah wajib kalo boleh kami sarankan produk bacaan dari al qolam sangat bagus dan sudah dipercaya ayah bunda lainnya, tidak hanya buku kami juga menyediakan gadget yang cocok untuk buah hati ayah bunda

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter